5 Day, 2 Country, Start Here...

Kalo ngomongin impian emang ngga ada habisnya. Apalagi ngomongin impian gue. Dari yang tadinya bener2 impian, sampe nyerempet khayalan babu. Akhirnya difikirin ulang dan dibikin list untuk dijadiin kenyataan. Sama halnya impian gue untuk keluar negeri. Ngga usah yang jauh2, sekitar Asia aja. Ngga usah yang jauh2 lagi, ke Malaysia aja. Impian ini gue pendam dari gue kuliah. Gara2nya 4 tahun lalu, gue punya temen baru orang Malaysia dan kita punya minat yang sama. Art. Berbekal temenan di Facebook aja, kita jadi kaya sodara.

Setelah akhirnya gue lulus kuliah, terus kerja. Setahun gue nabung tanpa ada tujuan untuk apa. Gue nekat bikin paspor, dilanjut gue nekat bikin itinerary untuk pergi ke Malaysia, lanjut nekat bikin itinerary untuk nyambung ke Singapore. Sendirian. Berbekal banyak googling tanpa banyak nanya sama orang. Jadi deh gue pergi ke 2 negara itu. Alhamdulillah, salah 1 impian gue bisa terwujud. Itinerary beserta budgetingnya, bakal gue share diakhir cerita ya!
Finally, Selasa, 17 Februari 2015 datang juga.

DAY 1, Kalisari – Soekarto Hatta.

Gue pilih flight pertama karena biar bisa nyampe KLnya masih terbilang pagi dan gue bisa leluasa jalan2. Sebenernya bisa aja sih ambil flight terakhir di hari sebelumnya, tapi karena :
1.       Kantor gue ngga memungkinkan untuk gue balik sore disertai dengan rasa-engga-enak-karena-gue-bakal-cuti-panjang.

2.       Biar hemat penginapan, karena nyampenya kan tengah malem, mesti nambah 1 malem kan tuh.
Jadilah, jam setengah 3 pagi gue udah berangkat aja dari rumah. Gue naik DAMRI dari Kp. Rambutan yang berangkatnya jam 3-an. Oh iya, fyi gue baru 1x naik Pesawat dan itu domestik SBY-CGK dan-nya lagi itu sama orang tua gue. Yang artinya adalah ini penerbangan PERTAMA sendiri dan Internasional pula. Die!

Tapi tenang, berbekal googling tanpa banyak nanya sama orang, Alhamdulillah gue selamat sampe Airport. Jam 4 udah nyampe di terminal 3. Bagi yang baru pertama kaya gue gini, abang2 DAMRInya ngasih info kok buat make sure kalo maskapai elo itu ada diterminal berapa. Kalo elo ragu gampangnya tanya aja sih, tapi karena gue gengsi dan sotoy, gue liat2 sikon aja anaknya. Hahaha.

Nyampe terminal gue langsung ambil trolley (biar gaya, padahal mah Cuma bawa 1 koper, kecil pula). Karena gue udah check in online jadi gue langsung drop bag dan bayar airport tax. Oh iya, fyi biar ngga buang waktu, Air Asia nyedian fasilitas check in online. Tinggal masukin kode booking terus ikutin deh instruksinya. Kalo ngga ngerti? Googling lagi. Haha. Sebenernya kerenan boarding pass yang dikasih dari airport sih, abis kalo check in online kan elo ngeprint sndri boarding passnya, kurang kece gitu. Hehe. Fyi lagi, di counter Air Asia juga ada faslitas check in online, tinggal scan barcode aja, kalo ngga ngerti ada mas2nya yang bantuin.

Kelar drop bag, gue mampir dulu ke CK beli pisang “ Single” (info penting) terus gue naik ke boarding lounge, dan ternyata gatenya belum buka. Yaila, gue getol amat ya. Haha. Yaudah, duduk dulu di ruang tunggu luar. Terus, mau lanjut tidur takut bablas, mau SKSD sama orang sebelah minta tolong bangunin kalo gatenya udah dibuka tapi doi bule. Ah males pagi2 ngomong bahasa inggris (alasan penting). Haha

Yaudah aja jam setengah 5 gatenya buka, terus dengan jumawa seolah2 udah sering padahal mah modal googling doang gue masuklah ke gate. Security check, terus ngelewatin Imigrasi. Lolos Alhamdulillah. Terus ke Security check untuk masuk ke loungenya, diperiksain ngga boleh bawa cairan kaya air minum sama yang tajem2 kaya tatapanku (halah). Gue udah bekel tumbler buat gue bawa dan isi ulang selama gue disana. Air gue masih banyak, walhasil disuruh kosongin.

Akhirnya tutupnya gue buka, airnya separuh gue minum sisanya gue buang, dan selesai itu tutupnya ngga ada. Nah loh! Gue udah cari ke tas gue, ngga ada, gue ngintip tong sampah ngga ada, gue rogoh dikit tong sampahnya ngga ada juga, gue liat meja pemeriksaan securitynya ngga ada, gue coba melihat masa lalu, eh udah ngga bisa (apa deh).

Keputusan gue adalah, tumblernya gue buang. Ngapain juga gue bawa tumbler tak bertutup bagaikan lidah tidak bertulang ucapan cinta mengiris kalbuuuuu~ (eh maap nyanyi). Aaakkk itu tumbler baruuuuuu... yaudah gue (setengah) “ikhlas”. Dan gue berdoa, semoga tutupnya jangan pernah ketemu, karena kalo ketemu gue akan menyesal.

Ting nong ting nong, ada mbak2 bilang kalo nomor penerbangan gue udah bisa berangkat. Yaudah tuh gue turun.

TIPS : kalo elo lagi bingung, dan malu bertanya. Persiapkan lah diri lo untuk ikutin orang yang menurut insting kuat lo menuju tempat yang sama.

Terus, gue ikutin orang2 lantas naik shuttle yang buat ke pesawat, pas nyampe bawah pesawat gue ternganga. Gue kan norak ya, pengen foto dibawah pesawat kaya orang2, tapi apa daya, solo traveler cin masa minta fotoin orang sih, gengsi dong. Haha