DAY 2, Kuala Lumpur

Karena gue memaklumi Mirza yang cutinya ditolak, terusannya gue nungguin doi kelarin kerjaannya bentar terus baru cabut jalan lagi. Sist teeny ngga bisa gabung karena kesibukannya jadi pekerja yang ngga bisa cuti dan tugasnya jadi istri dan menantu. Hiks

Schedule hari ini adalah ke batu caves. Salah 1 tujuan utama pelancong kalo ke Malaysia. Gue ngeliat di google tempatnya sih kece dan free. Cuma tangganya aja yang ngga kira2. Dan benar aja, tempatnya kece. Gue kan anaknya city tour banget ya, demen deh nih ngeliat yang begini. Patung segede gedenya warnanya silau juga, pas buat foto. Cekrek! Maklum turis.


TIPS: bawa tissue atau kipas kalo ke batu caves + air. Nguras keringat sama tenaga juga ternyata. Mayan terjal tangganya.

Ada banyak bagian di batu caves. Kalo di temple belakang patung emas, pas selesai naikin tangga yang seada-adanya itu, elo nemuin patung buat sembayang didalem gua pake O “goa”. Harusnya sih lampunya pada nyala kaya yang gue liat di google, jadi apik buat foto. Tapi lampunya lagi mati. Terus, disini bau eek burung, jadi ati2 aja jalannya. Haha. Abis itu elo naik tangga lagi ke part berikutnya. Ngga begitu tinggi sih tangganya, tapi lumayan lah buat kaki renta atau buat kaki yang jarang olahraga.


Diatasnya juga sama, banyak patung buat sembayang dan ada kuil yang lagi disembayangin sama penduduk sana. Jadi bahan tontonan kan akhirnya. Hehe.

Kata Mirza, “kalo pas ada perayaan “Thaipusam” suka ada orang yang naik turun Batu Caves dengan cara ngguling, mereka ngelakuin itu untuk menuhin nazarnya.”


Duh, gue ngga ngebayangin deh, naik normal aja ngos2an apa kabar yang ngguling gitu. Pengsan bangun pengsan bangun kali gue. Haha


Di tengah2 perjalanan naik tangga seada-adanya itu di sebelah kiri ada Dark Caves, jadi kita menyusuri goa minat umum dan bayar 5rm kalo ngga salah. Pas kesana, gue pake flat shoes dan ngga lucu aja kalo menyusuri goa pake beginian. Next time mesti kesana juga dan gue mesti pake sneaker/cats lah seengganya.


Terus turun ke arah kanan temple, ada temple lagi, batu caves art galleries gitu. Kalo mau masuk kesitu, bayar lagi. Lanjut menyusuri, ada 3 temple, yang 2 bisa diliat secara free karena emang beneran tempat sembahyang, yang 1nya lagi bayar.
Batu Caves checked!

Karena Mirza bingung ngajakin gue kemana lagi, akhirnya dia ngajakin gue ke Balai Seni Visual Malaysia. Dia macem Taman Ismail Marzukinya Jakarta kali ya. Disini Free Admission. Pas diajakin kesini gue langsung cepet ngomong, “ IYA!”. Gue yakin bakal seru. Lets see...

Kali ini pameran yang dibuka Cuma di lantai 1&2. Gue berfikir, okelah, gedungnya gede kok, ngga kecewalah kalo Cuma 2 lantai yang dibuka. Well, Artventure start here. Menyusuri lantai bawah, ada pameran foto tentang Goa dan alam.




Di lantai 2 ada 2 side pameran lagi. Di side 1, ada pameran dari berbagai macam jenis media karya. Ada yang lukisan, ada yang dari piring steroform, ada yang dari saklar listrik, ada yang dari buku dan kardus. Buanyak deh. Kece! Di side selanjutnya ada pameran yang manjain mata banget. Warna2nya gue suka! Jenis karyanya pun favorite gue. Gue ngga begitu paham soal seni kaya begini jadi maap2 aja ya kalo penjelasan gue salah. Hehe. Jadi kaya semacam ilusi gambar, terus ada juga yang real emang bentuknya 4D seperti itu. Media lukisnya juga ngga cuma kanvas aja, ada karung goni yang dipaduin biar lukisannya lebih dramatis dan keliatan lebih real. Kalo yang ngerti beginian, please ajarin gue ya biar ngga salah jelasin. hehe







Lanjut ke KL City Gallery. Masuk ke sini bayar 5rm sekaligus dapet voucher 5rm untuk dibeliin souvenir. Si KL City Gallery ini letaknya disebelah dataran merdeka. Dataran merdeka itu komplek bangunan tua yang akhirnya dipake untuk office. Bangunan2 di dataran merdeka kece2!. Jadi, kalo ada perayaan, jalanan Dataran Merdeka ini suka buat parade, kaya macem Jl. Sudirman gitu kali ya. Pas gue lagi ke KL City Gallery, lagi ada turis dari china yang di guidein gitu. Nutup jalan dan akhirnya gue jadi nungguin mereka kelar dari 1 part ke part lainnya. Berasa jadi bagian trip mereka deh tuh. Padahal ngerti juga engga pada ngomong apa. Haha.

KL City Gallery ini terdiri dari 2 lantai. Di bagian bawah ada pameran sejarah Kuala Lumpur dan 1 ruang tema yang karena kemarin lagi mau perayaan chinese year, jadi diisi set meja makan beserta makanan ala chinese. Terus setengah lantai diisi sama Workshop dan toko souvenir. Lanjut ke lantai atas, ada miniatur Kuala Lumpur yang kayanya terbuat dari mika atau ngga tahu juga sih gue. Kita disuruh stay didepan Miniatur itu terus disetelin short infographics tentang Kuala Lumpur dan diakhiri dengan permainan lampu yang disorot ke miniatur KL sambil diiringi lagu. Tsakep!


Oh iya, jangan lupa tukerin voucher 5rmnya. Karena gue anaknya cerdik, gue carinya barang yang harganya emang 5rm. Hehe. Dapatlah gantungan kunci kubus i love KL. Mayan deh. Biar kerasa turisnya, jangan lupa foto di icon i love KL. Hehe


KL City Gallery checked!

Karena oleh2 (belanjaan gue) masih kurang, jadilah si Mirza gue ajakin ke central market dan petaling lagi. Untung anaknya mau’an. Hehe. Pas belanja/i di Central Market (lagi) eh gue dibungkusin 2 beg (kalo kata mirza beg not tas atau bag, maklum melayu) hehe. Thanks loh! Terus ke petalingnya berbuah 2 dompet Cath Kidston, total 35rm. Lucuk! Di Indonesia juga ada sih sebenernya. Haha. Di sini juga ada yang jual sepatu Nike, New Balance ala ala, dan harganya lebih murah daripada yang dijual di Indonesia, 49rm aja. Wuih...

Karena pas sore itu ujan, yaudah deh ngga bisa lama2, lagi juga ngapain lama2 ya udah ngga berminat belanja juga. Hehe. Toko yang buka ngga sebanyak kemarin, karena besoknya chinese new year, jadi pada libur deh. Huhu. Kelar muter kena hujan centil sedikit, kita balik lagi ke central market buat bayar parkir. Sebenernya gue pengen beli coklat atau oleh2 camilan gitu di central market, ada toko yang jual harganya murah, 1 bungkus 10rm, lumayan buat iseng2. Tapi karena si mirza udah keburu bayar parkir, daripada ntar kena charge lagi, yaudah aja langsung balik ke hotel lagi deh.

Malam kedua di KL, gue ngga bisa boongin habit Indonesia gue, yaitu ngga mandi malem. Huft. Tapi yaudah deh, dengan alasan “kapan lagi gue mandi sehari 2x, jarang2” akhirnya gue memandikan diri gue. Hah! Seger juga ya! Hahaha. Kali ini mirza bolehin gue keluar2, mungkin karena gue cerita sama dia, gue udah saru sama orang malaysia. Haha. Yaudah, kelar mandi gue datengin lagi tuh si ampang point, jalan2 sendiri aja kaya orang bener.

TIPS: kalo elo baru pertama kali ke sebuah tempat dan sendiri atau berdua atau bertiga atau terserahlah mau berapa, jadikanlah diri elo kaya orang yang udah sering kesana. Caranya? Dengan jalan santai, liat2, terus jangan lupa juga perhatiin sekitar kalo2 ada papan petunjuk yang bisa mendukung elo berasa kaya udah sering kesana. Biar dibilang apa emang sih git? Biar dibilang kaya udah sering kesana, udah gitu aja K

Terus, gue inget, bokap nitip sepatu sendal daaann... disini ada!. Mumpung ketemu, yaudah beliin aja. Padahal pas dari rumah dititipin barang kaya gitu, gue bingung juga nyarinya dimana. Beban amanah gue jadi berat deh. *halah. Tapi, alhamdulillah rezeki si papa. Hehe

Malem2 dijemput mirza buat makan didaerah Setapak, udah masuk ke komplek food courtnya, parkiran puenuh parah. Yaudah aja kita nyari ditempat lain dan bresssss, tahu2 hujan. Nah loh, ngeri juga, tapi untungnya kita udah deket resto mee tarik warisan “Asli”. Gue pesen mee tarik soup beef sama es milo. Pas itu perut gue emang ngerasa begah, gue rasa sih gara2 siangnya gue makan prasmanan dan gue salah menu. Gue kira ayamnya manis karena ada kecapnya, pas dimakan bokk ternyata huham! Pedes~~~ dan si mee tarik ini juga pedes karena ada bubuk cabenya terus gue aduk pula. Hahaha. Oneng.

Mee tariknya bukan yang kaya mie lurus lempeng  kaya bakmi pada umumnya, dia modelnya kaya kwetiau, tapi lebih tipis, ngga kenyal, daaann.... ENYAK! Kuahnya kaldu sapi, beefnya standar ngga banyak2 banget, yang pasti beefnya lembut, ditambah beberapa pakchoi sama daun bawang. Favorite! Sayang banget ngga gue abisin karena alesan perut begah belum sembuh itu. Huft. Sampe sekarang gue ngidam mee tarik itu. Gue udah googling mee tarik macem itu di Indonesia, tapi ngga ada L

Karena hujan, jadi kita ngga bisa muter2 KL dan stay di 1 tempat untuk apaaaa? Untuk foto2. Hehe. Akhirnya balik aja ke hotel, terus kalo kata Mirza, “kita minum2 aja dahulu ya”. Di fikiran gue, “ah gila nih cowok mau ngajak gue mabok”. Eh ternyata, kamsutnya dia minum2 adalah “ nongkrong”, yaila broohh.. bilang dong! Hahaha. Jadilah kita “minum2” di kedai arab deket hotel. Perut gue yang begah Cuma bisa minum aja. Si Mirza mesen roti tissue. Ngga ngerti bentukannya kaya apa, udah ngga mikirin juga gue karena perut gue full ngga bisa makan lagi.

Pas dateng, jeng jeng, lucuk amat nih roti. Rasa rotinya kaya canai, tapi dibuat tipis banget, crispy, Cuma dikasih gula tabur, dan tinggi roti seada adanya. Gue memutuskan untuk nyemilin pelan2 haha enak abisnya! Ngga kelar2 makan ginian, tinggi banget! Mirza Cuma bisa ngeledekin gue doang, “katanya sakit perut tapi habis makannya, hehe”. Sialan juga pria ini.


Oke, finish for today. Back to hotel and prepare tommorow goes to.... MELAKA! Yay!


to be continues...

cerita sebelumnya klik disini