Day 3, Kuala Lumpur – Melaka

Jam 9, gue dijemput buat check out dari hotel dan sarapan di kedai arab (lagi) dideket hotel. Tapi kali ini dikedai sebelahnya, biar beda suasana. Hehe. Gue mesen roti canai keju dan es milo as ussual. Mirza mesen canai telur bawang. Gue liatin kok kaya enak makanannya si mirza, gue icip aja kan tuh, eeehhhh beneran enak. Disuruh nyobain lagi, tapi gengsi dong gue. Haha, lagi juga makanan gue belum habis, utamakan habisin makanan sendiri dulu ya!

Kira2, jam 10an baru beneran berangkat ke melakanya. So excited! Karena gue inget foto2 orang hasil gue googling, keren2! Tapi apa dikata, jalanan macets. Mirza udah kesel aja, kata dia (dengan logat melayu), “Mungkin orang2 ini pada mau ke pantai di daerah Port Dickson”. Gue, “ooohhh... gituuu...” gue sih santai, udah biasa juga ngadepin macet di Jakarta.

Udah ngelewatin Port Dickson pun masih macet, dan ternyataaa... ada bas school mogok, itupun dia udah dipinggir jalan. Asli pake ‘e’ sama ‘h’ aselih ngga ngalangin mobil lalu lalang banget, tapi yah namanya juga habit ya, mobil2 nyempetin buat nengok ke si bas itu terus udah jalan lagi. Ppffttt...
Nyampe di semacam gerbang Melakanya pun macet. Kata Mirza, “mungkin orang2 ini pada mau ke Melaka”. Ya menurut loooooooo... yaiayalah! Huff.. pria Malaysia ini guyon aja. Sampailah pada saat2 yang berbahagia, kelar parkir mobil, jalan2 deh. Yeyeye. Kaki udah siap tempur, sepatu udah sport, hayuk dah bang, mau kemana kita pake h kitah? Ya kemuseum lah! Hehehe.


Liat2 sekitar, foto2 sikit, terus jalan lagi hunting museum. Ternyata di Melaka ini banyak banget museum dan letaknya ngga berjauhan, itu juga gue tahu dari pegawai Museum yang kita datengin setelah diterjemahin mirza ke dalam bahasa gaul indonesia campur melayu. Pegawai museum ngomong melayunya cepet banget, gue iya iya aja, senyum senyum sebagai tanda kalo gue ngerti, padahal mah..... engga! Haha.

Jadi Melaka semacam Kota Tuanya Jakarta gitu. Kalo ke museum pake mobil ya susah, tapi kalo jalan kok jauh yaaaa. Hahaha. Walhasil, gue berhasil jajahin 3 museum dengan gempornya. Tapi ngga ada 1pun diantaranya yang ada di list gue. Ppfftt.. yaudah, yang penting museum deh. Favorite gue Muzium Rakyat, karena...... adem. Hehe. Koleksinya bagus2. Ada 1 lantai yang koleksinya tentang permainan jaman dulu. Kaya gasing, maen karet, main layangan, main congklak, ya pokoknya main tradisional deh. Seruu! Terus di lantai lainnya ada tentang kebudayaan banyak negara yang mengatakan cantik itu harus..... tindik besar2 di mulut/hidung, pakai sepatu kekecilan, leher diberi gelang, gitu gitu deh pokoknya. Agak ngilu sih liat2nya, tapi thats culture. Harus dijaga biar lestari. Duh, jadi kangen Indonesia.




Lestari alamku, lestari desaku, dimana Tuhanku, menitipkan aku.
Nyanyi bocah2, dikala purnama, nyanyikan pujaan untuk nusa.

Di Melaka ini banyak banget becak yang dimodif. Jontreng2 banget modifannya. Ada yang tema becaknya frozen, banyak aksesoris film frozennya. Ada yang hello kitty, ada yang love2. Kece deh. Tapi bagi gue, becak ya becak, bentuk traditional yang genjot abah2/mamang2 dan tanpa nyetel musik. Mirza pun berpendapat hal yang sama, kurang suka sama becak kaya gitu. Tapi yaudalah ya, namanya juga buat wisata. Musik yang disetel juga ngeri2 banget. Lagu “sakitnya tuh disini” banyak juga yang play. Itu aselih, gue kaget. Go international banget itu lagu. Bukan main pake e maen.



Yak, udah mau sore, belum makan juga, ditambah waktu gue di Malaysia tinggal sedikit lagi, karena bis gue ke Singapore jam 17.30. Akhirnya kita makan dulu di food court sekitar komplek Melaka. Gue mesen sup tomyam plus nasi sama minum nestea blackcurrant. Ngga ada yang special, di Indonesia gue juga suka makanin. Favorite malah. Tapi paling pembedanya gue makannya bersih sih, karena perut gue udah normal. Hehe.

Dan mirza, “Wah, makanannya kebanyakan ya? Tapi kok habis?”
yak, bule Malaysia itu ngecengin gue (lagi) (mulu).

Udah jam 4an, kita memutuskan untuk beralih ke Terminal Melaka Sentral buat nungguin bis aja. Ternyata dari pintu keluar area Melaka ke TMS deket aja. Ngga nyampe berbelas2 menit udah nyampe. Gue, “yahhh... udah nyampe nih? Muter2 dulu kek” ada turis protes. Mirza yang anaknya mau’an ngikutin aja omongan gue. Hehe.

Oh ya, selama gue di Malaysia dia lah fotografer ala ala gue. Dia motretin tourist interest spot terus terakhir dia ngasih SD Cardnya ke gue karena notabenenya notebook yang dia bawa ngga bisa nyala karena batre abis dan ngga bisa ngecharge juga ditambah dia ngga ngerti ngirim file lewat dropbox atau google drive. Oh man! 2015 nih, beneran ngga ngerti?. Mirza, “tak lah”. Oh, oke deh. Skakmat doi. Haha


Terus jam 5an nongkrong di depan bus. Karena driver/keneknya pun belum keliatan ujung perutnya (bahasa lain dari batang hidung). Terus gue sedih deh, karena Cuma sebentar ketemu sist teeny yang ngga bisa keluar karena terjebak di pondok mertua indah, ditambah lagi flashback kebaikan Mr. Mirza yang nemenin gue kemana2. Oh, broh, kalo ngga ada elo, entahlah gue keliling2nya gimana. Thank you banyak!