Day 4, Madame Tussauds, Merlion Park, Garden by the Bay

Paginya, bule itu curhat, “Semalam gue kedinginan, Acnya kenceng banget, gue kaya beku”.
Gue sambil ngikik, “Iya, emang dingin, nanti malem pindah aja kekasur depan gue”.
Dia yang entahlah siapa namanya karena ngga kenalan abisnya dia perginya cepet banget terus kaya ngga mau ngobrol banyak, “kayanya ngga usah deh, gue juga udah mau cabut”
Yah, sama dong kita sist.

Mandi2 terus dandan sebentar, merasa udah kece, gue keluar sarapan. Gue ngga berharap gue bakal sarapan nasi uduk sih. Dan bener aja, sarapan ala bule, Cuma roti, buah sama telur rebus. Yaudah, gue makan roti sebanyak yang gue muat, telurnya engga. Gue pengen lanjut makan apel, tapi gimana caranya supaya bisa kaya bule2 lainnya yang makan apel udah kepotong2 gitu.

Tring! Liatin bule yang lagi mau makan apel. Hehehe.
Ooohhh jadi ada alatnyaaaa.. Cuma tinggal ngepasin pemotong diatas apel, teken apel dari atas sampe bawah, dan.... tadaaa apelnya kepotong2. Hahaha. Makluuummm dirumah gue pake pisooooo... hehehe

Oke, gue udah pinteran dikit pagi ini. Yes.

Jam 11 kurang sist bintang baru jemput gue, tujuan pertama kita adalah ke Sentosa buat ke Madame Tussauds. Tapi, sebelumnya gue check out di hostel Mitra Inn buat pindah ke hostel The Mitraa yang beneran gue booking dari jauh2 hari. Letaknya di jalanan belakang si Mitra Inn. Terus, karena roomnya full dan yang check out baru ada ntar siang, jadi gue nitipin barang gue disana buat check innya malem aja.

Gue yang tanpa internet di HP beserta sist bintang yang belum pernah kesana, yaudah aja ngandelin petunjuk di stasiun MRT. Gue dipinjemin kartu MRT buat sementara, tapi gue tetep ngisi 10 SGD buat jaga2.

Stasiun MRT terdekat adalah fareer park, itu juga gue baru ngeh pas besokannya. Haha. Gue yang anaknya norak ngeliat kecanggihan negara tetangga, tetep pasang gaya stay cool as usual. Hehe. Untuk mencapai sentosa, kita ke harbour front dulu, terus pindah ke vivo city. Tapi disini kita mampir dulu ke terasnya vivo, backgroundnya laut beserta pelabuhan barang. Terus kita ngapaaaaiin teman temaaaaan? Yak, benar! Foto2 sejenak. Hehehe. Dirasa sudah kering giginya, kita lanjut naik sentosa express bayar lagi 4sgd. Hiks. Abis itu turun di imbiah, dan nyampe deeehhh... yeyeye


Ngantri parah sih pas mau naik sentosa express. Wajar sih gue, namanya juga pada mau wisata dan libur panjang juga. Udah strong lah gue kalo ngadepin yang rame2 begini. Di Jakarta udah biasa soalnya. Haha. And.... here we goooo... Welcome to Sentosa git!. Sist bintang ngga tertarik pergi ke madame tussauds, akhirnya membiarkan gue kesana sendirian. Gue sih ngga apa2, tapi kok berasa bener2 ngga punya temen ya. Huff...



Untuk ke madame tussauds, naik eskalator 2x. Ada petunjuknya kok, tinggal ikutin aja. Buat masuk ke madame tussauds, tiket normalnya adalah 38 SGD tapi gue membelinya hanya dengan 21sgd aja kakak~. Lumayan deh hemat 17 sgd. Tiket nya terbagi 2, ada images of Singapore dan Madame Tussauds, gue mendapatkan keduanya. Hahaha. Yang ada dibayangan gue, Images of Singapore (IoS) itu semacam pameran gitu, ternyata gue salah.

Abis nuker tiket, gue diarahin ke gate IoS, di antrian ternyata ada keluarga Indonesia juga, Cuma yaudahlah, gue ngga gabung, gue-tetep-sendirian. Pas masuk, kita ada 1 mbak2, yang performancenya theatrical banget. Dia jelasin bahwa ruangan yang kita datengin adalah officenya harbour front. Kebodohan gita lainnya adalah, kan dia bilang boleh moto sesukanya kan, yaudah gue siapin tongsis, tomsis plus hape. Dan you know whaaattt... pas gue prepare hape gue jatoh berantakan dong. Casing misah sama batre. Itu gue berdiri paling depan otomatis diliat semua peserta. Yasalam gitaaaaaaa... huft...



Abis dia ngomong cas cis cus terus kita diarahin ke ruangan buat nonton sejarah gitu.  Selesai itu, kita pindah ke jaman selanjutnya, temanya hutan dan nelayan gitu. Mbak2nya beda lagi, tapi sama2 lucu dan tetep teatrikal jelasinnya. Di part itu, dia jelasin tempat itu adalah lokasi hidup leluhurnya which is orang singapore jaman dulu. Terus, kita diarahin lagi ke part mas2 yang bilang kalo disini adalah berbagai macam pekerjaan yang bisa dikerjakan pendatang maupun orang asli singapore. Terakhir, pindah ke new singapore, semua perkembangan dijelasin singkat sampai yang terbaru dan rencana di masa mendatang. Semua performernya entertaining banget! Walaupun ceritain sejarah, jadi menarik karena mereka bawainnya secara lucu. Hihihi. Sebagai penutup, kita disuruh naik kaya istana boneka gitu. 1 perahu 6 orang. Dan yang paling nyelekit adalah ketika,
mbak2nya bilang, “are you alone?”
gue, “yes”
mbak2nya lagi, “your next ya”

men, padahal gue udah depan mata dia, tapi karena gue ngga rombongan gue dibelakangin. Ppfft...

Selesai naik short istana boneka, gue masuk ke Madame Tussauds, gatenya nyambung sama pintu keluar IoS.
Eh, ada lagi mbak2 MTnya nanya, “are you alone?”
Gue, “yes”
Mbak2nya, “Hey, where is you friend?”
Gue, “i dont have”

Udah gitu aja, gue tinggal cengir terus cabut dari hadapannya. Huuffttt.. sakitnya tuh disini mbaakkk...

Emang bener sih, kalo ke madame tussauds mesti sama temen, minimal 1 deh. Buat saling moto2in, karena disini seruuuu... banyak spot foto yang lucu dan sayang kalo Cuma selfie sama patungnya. Harus bikin gaya2 konyol biar fotonya keren. Tapi,gue-ngga-bisa-ngelakuin-itu-karena-gue-sendirian. Fine.

Banyak spot yang gue tinggalin karena emang rame dan antrinya ngga udah2 ditambah karena alasan yang ngga memungkinkan untuk gue foto selain selfie. Damn! Yaudahlah, enjoy aja. Yang penting gue pernah kesana. Yeyeye!

Ada banyak part, bagitu masuk partnya pemimpin negara. Ada pak Soekarno, Obama, lady diana, Mahatma gandhi, dkk. Terus masuk ke part Atlet, terus lanjut ke broadcaster, abis itu ke Singer, disini ada my favorite TAYLOR SWIFT!!! Aakkk!!! Lanjut ke part bollywood, ya you know ada siapa, pasti ada shah rukh khan? Next ke part pemain film, terakhir ada toko souvenir deh! Haha






Gue janjian ketemu sama sist bintang di loket information jam setengah 3. Tapi gue liat, baru jam 2an. Yaudah, gue pake jalan2 sekitar madame tussauds yang sebenernya masih banyak wahana yang ngga gue masukin karena emang : 1. Gue ngga tertarik, 2, harganya mahal. Hehehe. Yaudah gue Cuma liat2 aja biar tahu, oh singapore begini toh.

Di sekitar madame tussauds, ada penangkaran kupu2nya juga, terus gue jadi inget keponakan si Nabila dan Reno,
Gue ngebatin, “pasti si kakak seneng nih diajak kesini, Insya Allah ya kak”
Tapi gue berfikir lagi dan ngebatin ulang, “kan biayanya mahal ya, duh kapan2 aja ya kak”
hahaha

Gue pengen banget nelusurin penangkaran kupu2 itu, tapi apa daya, 1. Waktu mepet, 2. Kaki lemes. Yah, maklum, namanya juga umur muda badan orang tua, ngga bisa boong. Hehehe. Yang entah menarik atau mengesalkan adalah dari gue ngantri sentosa express, gue sama sist bintang tuh se-la-lu deketan sama gerombolan entah orang india atau bangladesh yang pada wisata juga. Sist bintang bilang, kayanya mereka pekerja bangunan yang lagi libur. Aahh risiiih... banyak banget sih, aselih.

Akhirnya gue memutuskan untuk udahan liat2 sekitaran kompleks madame tussaudsnya dan nemuin sist bintang. Terus pas ketemu, sist bintang ngajakin ke pantai,
Dia bilang, “Sayang kalo ngga ke pantai, kesininya kan udah bayar 4sgd lagi, masa gini doang”
Gue, “woyoooyoyoyo (ala ala rege), oke sist bintang!” (pijitin kaki)

Terus ke station sentosa express (lagi), antri (lagi), terus naik sentosa express (lagi), turun di next stop station. Aaakkk pantaaaiii.... sok sok heboh, padahal mah, men! Kaki udah sengklek tapi masih pengen terus jalan karena sayang banget kalo ngga didatengin. Yaudah, dengan kaki terseok2, gue coba jelajahin, mana sih nih pantai, ngga nyampe2. Ngga lama kemudian, darrr... ini pantainya, bagus sih, Cuma yaudah gitu aja. Kaya ancol, Cuma cakepan. Foto2 bentar terus udahan. Die!

Sist bintang ngeluh kakinya lecet karena pake sepatu yang salah. Nah loh! Kalo doi sengklek juga, entar gue gimana jalan2nya? Wah, ngga bisa dibiarin nih. Dia mesti sembuh secepatnya. Oke sip.
Sist bintang, “git, apa nanti aku cari sendal aja ya”
Gue, “oh iya sist, harus itu biar kakinya ngga tambah lecet”
Sist Bintang, “yaudah, nanti temenin nyari di harbour front aja ya”
Gue, “oke sist, ngga masalah”

Bagaimanapun gue harus upayain dia sembuh, itu yang utama. Kaki sengklek gue? Kesampingin aja (usep2 kaki). Lanjut ke sentosa express (lagi), antri (lagi), terus naik sentosa express (lagi), turun di vivo city. Jalan (lagi) ke harbour front, nyari2 sendal ke bazaar terus berujung ke bata. Finalleeehhh... dapet juga tuh si sendal 15sgd! Baik2 ya dikaki partner in crime gue~.

Selesai itu menuju Merlion Park. Fuihh... mayan yaa.. dari mrt station ke tempat itu demi buat foto “biar kaya orang2”. Yaudah, ngga gue ambil pusing, tapi gue ambil pegelnya (hayahh...) gue jalanin nyantai sambil cerita2 seputar Singapore.
Sist bintang bilang,
 “mobil disini harganya mahal banget git, jadi Cuma orang yang bener2 kaya yang punya mobil.”
“pemerintah sini peduli banget sama warganya, jadi kalo ada warga negara yang penghasilannya dibawah 3000sgd, kekurangannya, pemerintah yang nambahin.”
“di sentosa kan ada tempat judi gitu, kalo foreign, masuknya murah atau bisa gratis. Tapi kalo orang singapore yang main, bayarnya mahal, 100rb sgd. Nanti ujung2nya kan mereka sayang duit, terus ngga jadi main deh. Biar aja foreign yang main, kan keuntungannya buat singapore”

Gue, “oh ya sist?”
Gue, “wah...”
Gue, “oh gitu sist”

Seru banget denger cerita dia. Gue ambil hikmahnya aja sih, walaupun Indonesia belum semaju singapore, tapi gue harus ambil habit tertibnya antri, habit ngga buang sampah sembarangan, sama habit bekerja kerasnya. Berharap next gue bisa kerja disini, ambil banyak ilmu untuk gue bawa ke negara tercinta gue, Indonesia. Aamiin... (hey, aamiin dong) hehehe

Karena udah laper banget, kita ke food court sekitar Merlion. Nah loh, banyak makanan non-halalnya. Gue udah deg2 serr aja, masa gue mesti makan canai lagi sih. Nunggu entar malem dong!. Eh ternyata alhamdulillah wasyukurilah, ada kedai yang tulisannya “muslim food only” fuihh...

Sist bintang order nasi goreng kampung, udah kebayang nanti nasinya pake teri. Gue ordernya Fried Rice Chicken, keluarnya mee goreng chicken. Yailah, yaudah deh, gue udah kangen nasi padahal, tapi daripada2 ya kan, gue pick up aja apa yang dikasih chefnya. Hiks. Gue kira ini mee emang pedes parah, eh ternyata engga, sist bintang nyebutnya ini pake bumbu merah. Gayanya doang ini mie merah. Hahaha. Tapi enak banget!

Selesai makan, kita lanjut ke gardens by the bay. Aakkk excited! Gue ngeliat di google, tempatnya keren parah. Untuk menuju kesana kita mesti muter dulu. Sebenernya, lokasi ada di sebrang merlion, tapi karena ngga mungkin untuk menyebrangi lautan, at least kita naik MRT yang jarak stationnya 200m lebih dari merlion.

Keluar dari stationnya, ada jalanan bawah tanah yang luaaaas, terus wallpaper yang diisi foto bunga2 diselingi kaca segede2nya. Belum apa2, si GBTB manjain mata banget. Sukak! Keluar dari stationnya juga jauh bener, parah deh. Dengan kaki yang semakin sengklek, gue ajak sist bintang istirahat aja. Daripada gue pengsan di negeri orang, gpp deh ngaso sebentar. Etapi, obrolan kita seru banget, tahu2 udah gelap terus udah jam 7an. Yaudah, kita lanjut ke gate. Eehh... ternyata, si GBTB ini emang cakepnya diliat pas siang, ketara bunga2nya, bagus buat foto2. Tapi yaudahlah, enjoy aja.

Gue masuk ke Flower dome dulu, isinya gelap, ya karena faktor udah malem itu. Emang aselih, cakep2 bener. Takjublah! Disini agak ingin karena 5 celciusnya itu, tapi ngga gue gubris. Sibuk nikmatin bunga sambil sesering mungkin ngucap “Alhamdulillah, Subhanallah sama Allahuakbar” haruuuu... jadi, inget mama. Hiks. Insya Allah ya ma. Tapi better ke Mekkah dulu, oke!

Disininya ngga boleh lama2, kata mbak2nya, terakhir jam 8. Pas gue liat jam laahh.. ini udah setengah 8~. Yaudah terus keluar, lanjut ke cloud forest. Nah, ini nih, air terjun avatar. Duh sayang banget gue sendirian masuknya karena sist bintang Cuma beli tiket flower dome dan sayang banget ngga ada temen berbagi cerita. Yaudah, gue cerita aja sama Allah, gue ngadu, kalo ini tuh cakep banget ya Allah! Banget! Suka! Makasih ya Allah udah bawa aku kesini!. Dan ini tuh segede2nya penangkaran tanaman. Ada 7 lantai. Die aja gue, sayang sih sebenernya ngga ditelusuri semua. Akhirnya gue Cuma keliling sekenannya. Karena faktor udah malem, disana lumayan dingin, dan yaaa.. you know lah... kaki gue renta. Huff...

Nah, ini part favorite gue juga, Supertree. Ternyata masuk kesini free, karena ada diluar kompleks Dome sama forest yang pake tiket2an tadi. Ooohhh how beautiful this placeeee... amaziiiinggg... kalo siang pasti cakep banget nih, pasti! Yaudah, enjoy git! Keliling2, terus foto2 sebentar, pas kita mau udahan, ada pertunjukan lampu dan lagu di supertreenya. Ya nanggung deh, nonton sebentar. Keren euy pertunjukannya. Tapi, strategi gue, karena tadi orang2 yang pada antri bubar karena pengen liat lampu2 ini, gue ngajak sist bintang untuk ayo cabut duluan mumpung orang2 masih pada terkesima. Dan, it works! Gue dapet lift lebih cepet dan lumayan kosong seperti hatiku (eaa... maap sempet2nya).

Lanjut jalan (lagi) ke MRT station (lagi) menuju hostel. Karena mata udah siwer, capek dan malem juga, walhasil kita salah jalan dooong.. udah bener jalannya didepan, tapi karena 2 oma-oma ini ngeri nyasar, jadilah kita ngelewatin rute Mitra Inn-The Mitraa, kita memutar~. Sist bintang ninggalin gue sampe dia make sure bahwa jalanan itu bener, terus dia balik dan bilang kalo besok dia jemput jam 10. Gue sih oke aja, paling juga ntar jam 11. Hehehe


Ternyata hostel ini tingkat, gue dilantai 3. Damn! Dan hostelnya beda, kamar mandi diluar campur sama room lain, terus disetiap kasur ngga dikasih stop kontak, jadinya stop kontraknya berebut. Terus, gue, “aaahhh enakan di Mitra Iiiinnnn”. Yaudah, ucapin kata2 sakti, “ENJOY!”. Ada persamaan dari 2 hostel ini adalah gue sama2 ditempatin di atas AC. What theeee.... tapi yang sekarang gue ngga bisa ngelak karena emang tinggal 1 space kasurnya. Hiks.