Galeri Indonesia Kaya

Waktu SD pasti kita pernah diajak study tour ke museum. Gue inget, dulu waktu gue Madrasah (setara dengan SD) gue study tour ke Museum Gajah, Museum Satria Mandala, dan yang lainnya lupa. Hehe. Sejak beberapa tahun belakangan ini, kesukaan gue dateng ke museum mulai gue jalanin lagi. Gue ubek-ubek daerah Kota yang notabene banyak museumnya. 

Hampir semua museum di daerah Kota udah pernah gue datengin. Dan yang jadi favorit gue adalah Museum Bank Indonesia. Salah 1 alasannya adalah karena disana "adem". Ruangannya AC kaya ada didalam Mall. hehe Tapi, tempat yang 1 ini, malah ada di dalam Mall loh. Ngga bisa juga disebut Museum sih, karena koleksi benda purbakalanya kurang banyak.

Yup, Galeri Indonesia Kaya!. Bertempat di Grand Indonesia, West Mall, level 8 ini unik banget. Kenapa? Karena saat gue dateng tanggal 9 Maret 2014, di pintu masuk, gue disambut sama 3 layar besar yang ada di sisi kiri. Dengan menggunakan pakaian adat, mereka mengucapkan "selamat datang" sesuai dengan bahasa daerahnya. Pulangnya pun elo di dadah-dadahin sama 3 layar juga, bedanya mereka bakal bilang "sampai jumpa" pake bahasa daerah masing-masing.

Galeri ini di hiasi dengan serangkaian teknologi canggih. Mulai dari banyak ipad-ipad yang disediakan untuk menambah pengetahuan pengunjung. Lalu, layar besar untuk kalian main game tradisional "congklak". Kemudian, layar besar lainnya untuk kalian foto dan bermain petualangan hanya dengan mengarahkan tangan ke sensor layar. Ciamik!

Selain menikmati teknologi keren, elo juga bisa nonton pementasan seni yang tentunya berbau tradisional Indonesia loh. Next time, kesana lagi yuk! (Regita Kurniavi)