2 Malam Tidak Pulang Mencari Harapan (2)

Di pulau ini lumayan banyak penduduknya, terus ada kantor pemerintahan, ada taman bermain dan ada lapangannya. Ya bisa dibilang pulau ini terhitung modern, ngga klasik2 amat.

Karena eonya ngga pake TL,  gue nelp pemandu yang dipulau, dianterlah kita ke home stay. Kamarnya ada 4, kamar mandinya ada 2. Orangnya ada banyak banget. Pokoknya over, masa 1 kamar buat ber6. Kita sih anaknya santai, daripada kesel2an, mending kita makan dulu. Hehe. Menu siang sayur asem, ikan bumbu entah apa namanya gue ngga makanin juga + buah jeruk.
Kesimpulan dari ngobrol sama eo “yang di Jakarta” sama pemandu, akhirnya geng gue mengalah untuk pindah home stay, digabunglah kita dengan peserta dari eo lain. Biar aja ah, yang penting nyaman.

Kata pemandunya yang setelah ngobrol2 bernama Ian, kita bakal snorkling jam 1. Oke, gue bisa tidur dulu. Gue ngga begitu suka snorkling sih sebenernya, karena gue ngga bisa. Hahaha.
Walaupun kata orang, “kan udah pake pelampung, kan udah pake snorkel, kan udah pake pake pake....” ah teteup aja gue ngga bisa dihadapin sama air yang melimpah ruah begitu. Tapi gue kan anaknya ngga patah semangat ya. Gue sok cool aja belaga bisa. Haha

Sampe di spot pertama, gue udah ngewanti-wanti Mbak Ade, Master of Snorkling gue buat jangan tinggalin dan stay on gue punya badan. Dia bilang, “siap!”. Oke, gue tenang. Orang2 udah pada nyemplung, gue ngga mau kalah dong. Gue nyemplung juga, pelan-pelan tapi. Haha. Terus, bener kan gue masih ngga bisa deh tuh dihadapin sama tengah laut kaya gitu. Gue udah coba belajar, tapi ya so so sih. Gpp.. yang penting udah berani nyemplung.

Spot ke-dua di sekitar Pulau Putri. Ini lumayan keren sih, walaupun gue Cuma nengok kebawah 1x dan itu ngga jauh dari kapal, tapi ya gue bisa bedain dari yang sebelumnya. Yaa.. not so bad lah, kemajuan buat gue yang phobia nyemplung tengah laut.

Kita lanjut ke Pulau Perak, disini cuma explore pulau aja sama makan gorengan “the most must activity to do” kalo ngetrip bareng Mbak Ine dan Mbak Ade selain makan indomie. Haha

Pulaunya ngga begitu gede, jalan 10 menit juga cukup buat ngiterin pulau, tapi tanpa foto2 yaa.. kalo nambah pake foto2 yaaaa... bisa tak terhingga itu sih. Haha. Pulaunya sih kece, pasirnya putih masih asri tapi karena disini banyak tukang jualan dan banyak traveler yang ngga peduli kebersihan jadi agak banyak sisa bekas makanan. Huu.. sedih... supaya ngga jadi “traveler sampah”, kita ber-4 bener berupaya buang sampah pada tempatnya entah itu pas di kapal, atau lagi dipulau.

Kegiatan kaya gini sih yang prefer gue lakuin dibanding snorkling. Hehe. Jelajah pulau, foto2 dan main air sedikit, perfect! Hehe. Lagi asik makan gorengan kita udah dijemput sama Mas Ian dan Mas Nino, pemandu zuper keren abad ini. Oh ya Mas Nino ini tugasnya moto2in peserta pas snorkling, tapi dia udah di booking abis2an sama peserta lain dan mengabaikan gue yang da aku mah apah atuh cuma bisa snorkling 1 meter dari kapal selama 5 menit terus udahan. Haha

Sampe di pelabuhan kira2 jam 6. Kita ber4 berhasil nyampe duluan dibanding temen sehome stay lain, tapi... apa daya, kunci rumah sama geng 1nya. Ppfttness... ngga lama kuncennya dateng terus si kuncen nyerobot masuk kamar mandi duluan yang notabene Cuma 1. Kan syialan namanya. Cowok pula. Euuhh...

Gue ngga mau ngalah dong, beres dia ada temennya mau masuk, langsung dengan tegas gue bilang, “Saya ngantri duluan, mbak”, dan dia nurut. Ha-ha-ha. *winner laughing style*. Kelar kita ber-4 beres mandi, udah disediain makan malem. Tanpa berfikir panjang, main hantem lah. Kali ini makanannya ayam bumbu cabe, sayur sop+buah pisang. Abis makan, daripada kita doing nothing gitu, yaudah kita jalan ke dermaga. Lalu, food hunter dimulai...

Cilung! Makanan khas Pulau Harapan, yang kata mamangnya, “Dipulau lain ngga ada makanan ini, Cuma di Harapan aja”. Cemilan ini, terbuat dari 2 telur puyuh yang di ceplok diatas pan terus ditambah cairan sagu lalu digulung pake tusukan sate dibaluri abon yang terbuat dari rumput laut, voila! Cilung bumbu gurih dan bumbu pedas! Next food beli cimol, ya standar lah ya, next stop ngemil es kelapa di food court ala pulau harapan sambil curhat sama nunggu barberqueannya mateng.
Ditengah sesi curhat, ada perempuan mengaku anak IPB yang lagi skripsi tentang ekonomi wisata di Pulau Seribu. Info2 dari dia bermanfaat juga.

Mbak Ade bilang, “Untuk tempat sampah disini oke, karena banyak tapi banyak juga sampah yang masih berserakan”.

Terus kata si anak IPB ini, “Disini memang begitu, tapi diujung pulau ada tempat untuk nampung sampah, kalo nanti udah banyak bisa ditutupin pasir sama batu terus dijadiin daratan”.
What theeee..... bisaaaaa yaaa begituuuuu...

Oke, jam set 10 udah bisa makanin ikan bakar yang fresh from the sea. Ngga begitu suka ikan sih, mungkin bagi yang lain seger enak gitu karena baru diambil dari laut, tapi gue makannya so so sih karena rada amis khas laut. Makanin sosisnya pun Cuma 1 karena menurut gue masih enakan sosis jajanan anak SD. 1 jam kemudian kita ber-4 udah tergeletak dikasur dan ngga lama, tak sadarkan diri. Cupu banget ya liburan malah tidur awal. Hahaha.

Berniat mau ngeliat sunrise tapi ngga ada penyemangat buat bangun lebih pagi. Hehe. Setelah diiming2i makan gorengan sama Mbak Yani, kita ber3 sok bersih2 ala kadarnya biar keliatan mandi abis itu ke dermaga (lagi). Terus kita explore ke kanan pulau, dan nemuin daratan yang banyak sampah, mungkin ini yang dibilang anak IPB itu. Sedih L. Terus kita lanjut jelajah pulau sampe ke belakang2 dan tahu2 kita masuk ke halaman sekolah SD yang disampingnya ada SMP.

Anak2 disini ternyata udah punya banyak jadi tembok bomber yang mengedukasi, gue nemuin tembok rumah orang yang ditulis tentang pelajaran agama sama pelajaran matematika. Hihi.
Abis itu balik ke home stay, sarapan nasi uduk sama bihun goreng dan telur ceplok dipadu dengan teh agak manis. Pas lagi makan, Mas Ian udah jemput kita buat explore pulau katanya. Oke, kita ngga mandi kalo gitu. *emang ngga niat juga sih* haha

Udah ngalah2 ngga mandi karena udah dijemput Mas Ian, eehh... peserta yang di homestay lama, ngga dateng2. Ngga mikirin banget kalo dia udah ditungguin orang. Jangan ditiru ya yang kaya begini, menghambat banget deh! Kalo udah waktunya pergi ya pergi, kalo waktunya istirahat ya istirahat, jangan menghambat orang untuk melakukan activity yang udah dirancang. Karena tripnya ini per group jadi mesti mikirin orang lain juga. Jam set 8 kita baru berangkat deh...
Pulau Bulat, here we goooo....

Pulaunya ngga begitu besar, ngga banyak warung, ngga banyak sampah. Better deh dibanding Pulau Perak. Bertampang-ngga-mandi-able, kita stay cool aja mau foto2. Haha. Mbak Ine dan Mbak Ade tetep setia sama gorengannya. Gue explore pulau “sendiri”, bikin video2 sama foto2 “sendiri”.

Di Pulau Bulat ini ada beberapa bangunan, 1 kaya pendopo gitu, aula lah bahasa kerennya, ada kaya semacam mess juga. Sejauh mata memantau sih kosong, agak horror juga sih kalo ditelisik lebih dalam *halah. Jam set 10 kita selesai dipulau bulat, pas udah jalan nih kapalnya, kita baru sadar kalo rombongan yang tadi telat belum naik, sekapal kompak aja buat ninggalin dia, abis kesel ngga sih, menghambat banget! Tapi dengan jiwa ksatrianya Mas Ian dan Mas Nino, kita semua balik lagi dan njemput ndoro putri yang lagi foto2. Elaaahh luuuu...

Nyampe di dermaga geng ndoro putri pun ninggalin sampah di kapal, aarrgghhh makin kesel ngga sih sama mereka!. Untung beda home stay kita, kalo ngga makan hati deh. Sampe di home stay kata mas nino, “langsung beres2 ya”, mas please aja, mandi juga belom. Untung dalam keadaan seperti ini gue bisa mandi secepat kilat dan packing menggunakan jurus petir menyambar. Tring! Beres.

Jam 11 kita digiring masuk kapal sama Mas Ian, tadinya kita ber4 mau pindah naik speed boat karena mengingat gue yang mabok pas berangkat, tapi setelah ngobrol sama awak kapal, gue mengurungkan niat karena costnya IDR250K, dengernya aja udah mabok. Z@3X$9bY}!#W^Q%. Tuh kan mabok.

Masuk ke kapal kita dapet tempat yang sama kaya berangkat, Kapalnya pun sama. Lagi leha2 nunggu berangkat, tiba2 muncul rombongan perampas kebahagiaan gue pas berangkat. Ngapain deehh dia mesti deket deket gueeeee.... Gue, Mbak Ine, Mbak Yani dan Mbak Ade ngga mau masuk lubang yang sama, kita udah pasang sikap tiduran dan ngga mau bagi space buat mereka, karena emang ngga ada juga sih. Tapi tahu2 ya, one 1 mereka melipir tidur disamping Mbak Yani yang sebenernya udah ada orang tiduran juga gitu. Hiihh... ajaib banget.

Jam 3 kapal nyampe di Muara Angke setelah 3 jam mengarungi lautan yang jinak karena ombaknya ngga lagi nari2. Guepun ngga mabok. Yeyeyeyeye... abis itu kita memutuskan untuk jalan sampe jembatan Muara Angke terus baru nyambung naik angkot, karena di Angke pun angkot pada maunya borongan dan kita Cuma ber4, disuruh abangnya nyari yang udah penuh, tapi ngga ada. Tega kau bang.

Pulau Harapan, Finished! Whats next?