SUARA HATI PENGENDARA PEREMPUAN (PART II)

Hola hola halo…

Yang dari kemarin baca, apasih #WOMENRIDESAFE, aku ceritain ya. #WOMENRIDESAFE adalah sebuah movement yang diinisiasi oleh Queenrides (www.queenrides.com) start up social enterprise berbasis teknologi, yang berbentuk platform online dan offline untuk perempuan pertama di dunia yang dibangun dengan tujuan memberdayakan perempuan agar sadar pentingnya berkendara aman. Gituu…

Ohiya, tenang, jangan sedih aku masih akan sharing pengalaman ku yang ngga ada special-specialnya selama berkendara. Aku lanjut yaaaa…


8. Kalau berkendara jangan dibiasakan tengok kanan kiri seperti melihat pemandangan, itu ganggu!
Selain mengganggu pengendara lain yang melihatmu seperti jalan miring kanan miring kiri, melakukan hal seperti itu bisa membuatmu tidak aware dengan keadaan. Bisa saja saat kamu sedang melihat “pemandangan”, ada kendaraan yang berhenti didepanmu, lalu kamu mengerem mendadak, dan terjadi benturan. Astaghfirullah!

9. Jangan biasakan mengerem mendadak!
ini masih connect dengan point diatas. Kalau kamu sudah aware dengan keadaan, ini saatnya kamu belajar “ngerem”, biasakan mengerem perlahan-lahan sampai kendaraan kita dengan kendaraan didepan sudah masuk dalam jarak aman. Tapi perlahan-lahannya pun bukan dengan mode “ndut-ndutan” atau “nyiiiiitt… nyiiiittt…” yaaaa.. hihihi.

10.  Untuk pengendara mobil, disamping banyak kekhilafan pengendara motor yang yaaa… suka was wes was wes aja jalannya, tolong sisakan space 1 line yang kira-kira muat untuk motor tetap berjalan, agar kemacetan berkurang.

11. Lagi, pengendara mobil, saat macet atau lampu merah, kalau sudah tahu space didepan tidak akan cukup untuk lajur mobilmu, please jangan berusaha untuk menyalip.
Kamu sudah pasti akan “memblok” jalan, dan biasanya motor akan tan tin tan tin (suara klakson) protes  dengan sikapmu. Lalu mereka dengan cerdiknya (kalo ada ruang) harus memutari mobilmu untuk terus berjalan di line motor.

12. Jangan bermain HP saat berkendara!
Ini classic banget, tapi beneran ganggu.  Aku berfikirnya kalo pengendara motor bermain HP dijalan, itu sama aja dia sedang ‘akrobat’. Loh iya dong, yang aman itu focus sama jalanan, ia malah menyetir dengan tangan satu lalu pandangannya tengok bawah gantian tengok depan. Begitupun dengan pengendara mobil. Jangan yah! Pokoknya jangan!

13. Kalau sedang berjalan melalui polisi tidur, beware ada ranjau!
Aku suka menemukan paku bertebaran di area sebelum polisi tidur dan setelahnya. Itu kawasan empuk untuk langsung nyes bolongin ban kamu.

14. Pejalan kaki, jangan berlari atau berjalan santai kalau menyebrang yah!
Kalo kamu berlari apalagi tiba-tiba, hal itu bisa membuat pengendara kaget. Akibat fatalnya bisa terjadi benturan karena pengendara mengerem mendadak. Pun, kalo kamu berjalan santai, bisa menghambat lajur kendaraan, karena harus menunggu kamu berjalan bak permaisuri. Kecuali lansia lho yaaa.. hihihi


Fine, finish for today.

HYUK! Kita dukung #WOMENRIDESAFE dengan menyuarakan keselamatan berkendara dari dirimu sendiri dan share ke orang lain. Jangan lupa share artikel ini jugaaa, siapa tahu berguna buat yang lain. Siapa tahuuuu….

See yaaaaa…